Pers Release
Singkatnya siaran pers atau press release adalah kegiatan kita membantu media massa dalam :
- Membuat berita tentang kegiatan program kita
- Mengkoreksi atau mengkonfirmasi berita yang telah termuat di media massa namun menurut kita tidak tepat
1. Menyusun Siaran Pers
Beberapa poin penting yang harus ada pada sebuah siaran pers adalah :
- Kop surat atau minimal nama program
- Tulisan "Siaran Pers"
- Judul
- Mulailah dengan nama kabupaten/ kota dan tanggal siaran pers dikeluarkan
- Paragraf pertama harus memuat informasi paling penting, yaitu 5W + 1H (What, When, Where, Why, Who, How)
- Data yang tepat dan akurat
- Nama, alamat serta nomor telepon anggota kelompok yang dapat dihubungi wartawan untuk mengkonfirmasi berita
- Paragraf penjelasan tentang program (boiler plate)
- Gunakan gaya bahasa penulisan berita yang baku atau umum
- Usahakan maksimal 2 halaman
2. Menyampaikan Siaran Pers
Siaran pers harus dikirimkan ke media massa sedekat mungkin dengan waktu kejadian cerita atau masalah yang ingin Anda sampaikan. Bila ingin dimuat keesokan hari, jangan mengirimkan siaran pers melewati atau mendekati tenggat waktu (15.00) di hari itu.
Cara termudah mengirimkan siaran pers ke media massa adalah dengan menggunakan faksimili dan email.
- Pengiriman siaran pers juga harus ditujukan kepada media massa yang tepat sesuai dengan target khalayak yang ingin dituju dan topik siaran pers. Tidak perlu mengirimkan siaran pers yang berisi keberhasilan program kita ke media massa yang berfokus pada gosip-gosip selebritis atau media yang lain yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan program kita.
- Sama seperti undangan untuk media, siaran pers sebaiknya dialamatkan pada redaktur bidang yang sesuai dengan isi siaran pers dan juga sekretaris redaksi.
- jangan lupa untuk bertanya dan mengkonfirmasi apakah siaran persnya sudah diterima.
Selain dikirimkan, siaran pers juga harus disediakan di semua kegiatan yang melibatkan media massa, seperti konferensi pers,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar